FMIPA UNIMUS Gelar Lomba Penulisan Karya Ilmiah Base Practise Guru PAUD dan Sekolah Dasar ‘Aisyiyah Tingkat Jawa Tengah

FMIPA UNIMUS Gelar Lomba Penulisan Karya Ilmiah Base Practise Guru PAUD dan Sekolah Dasar ‘Aisyiyah Tingkat Jawa Tengah | Sabtu, 6 Oktober 2018 FMIPA UNIMUS menyelenggarakan serangkaian acara yang terdiri dari Seminar Nasional dan lomba penulisan karya ilmiah guru ‘Aisyiyah Se-Jawa Tengah bertempatkan di Gedung Rumah Sakit Gigi Muhammadiyah (RSGM) UNIMUS. Kegiatan ini diikuti oleh Guru PAUD (TK, KB, TPA) minimal 3 (tiga) orang guru setiap daerah (PDA) serta Guru dan Kepala Sekolah Dasar ‘Aisyiyah masing-masing satu (1) orang, se Jawa Tengah. Peseta sejumlah 368 terdiri dari 249 pemakalah oral, 89 peserta seminar, dan 30 peserta lomba penulisan ilmiah based pratice yang berasal dari berbagai institusi di Nusantara.

Adapun tujuan dari acara ini menurut Dr. Eny Winaryati selaku Dekan FMIPA UNIMUS adalah bagaimana cara baru dan inovatif dalam pengembangan serta memecahkan masalah dalam pendidikan khususnya pembelajaran. Best practice atau pengalaman terbaik guru dicapai dengan sukses dan lebih cepat jika dilakukan dengan tahapan sistematis melalui pendekatan ilmiah yang langkah-langkahnya dilandasi  suatu teori yang relevan dengan masalah pembelajaran. Salah satu tahapan penting agar pembelajaran bisa menjadi salah satu best practice, yaitu evaluasi diri. Evaluasi terhadap cara atau strategi yang telah dilaksanakan, hasil (output danoutcome), dan apabila memungkinkan mengevaluasi dampaknya. Dari hasil evaluasi tersebut, guru mampu menemukan kesenjangan antara bagaimana pembelajaran yang telah dilakukan dengan teori pembelajaran, termasuk kesenjangan keberhasilannya sehingga muncul ide dan motivasi untuk menutup kesenjangan tersebut dalam rangka memecahkan masalah yang dihadapi.

Foto Bersama Juara 1 Lomba Penulisan Karya  Ilmiah Best Practice

Foto Bersama Juara 1 Lomba Penulisan Karya Ilmiah Best Practice

Duta IGABA Purbalingga (ibu Siti Khasiroh, S.Pd.I) Guru ABA Bajong, mendapatkan Juara I dalam Lomba Penulisan Karya Ilmiah Best Practice Guru PAUD, TK dan SD/MI se Jawa Tengah. Adapun judul yang diambil dalam penulisan karya ilmiah tersebut adalah PENGGUNAAN METODE “CREATIVE GAMES” UNTUK MENGENALKAN KONSEP DAN LAMBANG BILANGAN PADA KELOMPOK A BA ‘AISYIYAH BAJONG, PURBALINGGA. Selamat kepada Ibu Siti Khasiroh, semoga dapat menginspirasi dan menjadi motivasi untuk guru-guru yang lain agar terus berkarya.

Leave a Reply