Semarang -Sejak bulan Agustus sampai Oktober dosen Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Muhammadiyah Semarang (UNIMUS), mengadakan pembelajaran kolaborasi dengan guru SMA Muhammadiyah 1 Semarang. Dosen yang terlibat dalamm kegiatan tersebut adalah Dr.Eny Winaryati, M.Pd sebagai dosen Program Studi Pendidikan Kimia UNIMUS berkolaborasi dengan Bapak Bambang Hermanto, S.Pd sebagai guru SMA Muhammadiyah 1 Semarang. Baik dosen maupun guru mendapatkan manfaat dari pembelajaran kolaborasi ini.
Melalui kolaborasi guru-dosen ini telah terjalin komunikasi yang lebih beragam, maka terjadilah transformasi informasi dari beragam pengetahuan dan pengalaman, yang berdampak terjadinya perubahan perilaku baik pada dosen, guru juga siswa. Kegiatan kolaborasi juga meliputi tahap merencanakan, melaksanakan dan melakukan evaluasi pembelajaran.
Pasca kegiatan, Guru Kimia SMA Muhammadiyah 1 Semarang ini menyampaikan, bahwa: (1) Pemahaman yang dimilikinya semakin lengkap dan cakupan topik yang dikuasainya semakin luas, (2) Terjalin kebersamaan, kesungguhan, dan semangat untuk menyusun, (3) Terjadi pengembangan strategi pembelajaran, dengan berbagai metode pembelajaran yang saling melengkapi; (4) Mengasyikkan dan mengakrabkan, sebab ada hal-hal baru yang akan menambah khasanah pengertian (5) Tidak ada sekat guru-dosen, semua dalam rangka belajar bersama.
Dosen-guru terlibat bersama dalam menyusun perencanaan melalui lesson design dan chapter design. Masing-masing individu saling memberi masukan. Guru memberi masukan berdasarkan realita lapangan yang dialaminya, dan dosen mencoba menyampaikan pengalaman dan penguasaan teori yang dimilikinya. Diskusi menjadi lebih dinamis, karena memiliki visi dan cita-cita yang sama yaitu peningkatan kualitas pembelajaran. Semua saling memberi masukan, dan menyampaikan permasalahan yang dihadapinya, kemudian secara bersama mencari solusinya. Tujuan dari kegiatan bersama ini adalah agar terjadinya perubahan perilaku yang semakin positif pada peserta didik. Pak Bambang menyapaikan banyak mendapatkan pengalaman baru dalam menyusun perencanaan pembelajaran melalui lesson dan chapter design.
Pada Kegiatan pembelajaran kolaborasi ini, dosen mengajar dengan materi pokok “Minyak Bumi” yang terinci: proses terbentuknya minyak bumi dan bahan alam, fraksi minyak bumi, dampak dan solusi pembakaran minyak bumi, dan penulisan artikel tentang sumber energi alternatif.dan guru menyampaikan mataeri “Perkembangan model atom Struktur atom Bohr dan mekanika kuantum”.
Pada saat pembelajaran di kelas, diperoleh rekaman video dan observasi, dari setiap pertemuan ada peningkatan yang sangat bagus. Pada saat refleksi ditampilkan rekaman video yang menghasilkan rekomendasi sendiri oleh guru untuk melakukan perbaikan pembelajaran, melalui perbaikan metode. Perbaikan metode yang dilakukan oleh guru, berdasarkan ulasan rekaman perilaku siswa yang ada dalam video.
Dari Kegiatan ini juga dihasilkan artikel yang disusun oleh dosen maupun guru. Artikel yang ditulis oleh guru dengan judul: “Penerapan model discovery Learning dengan Variasi Team quiz sebagai upaya Peningkatan Aktivitas dan Prestasi Belajar Kimia Pada Materi Struktur Atom”, dan judul artikel yang disusun oleh dosen adalah: The Role Of Teacher-Lecturer Collaboration In Learning Method Development. Guru diberi kesempatan untuk menjadi pemakalah pada seminar nasional yang diadakan oleh FMIPA Unimus, pada Semnas Edusainstek, yang dilaksanakan pada tanggal 6 oktober. Disamping itu dari Kegiatan ini juga dihasilkan poster pembelajaran, baik pada saat dosen mengajar maupun guru. Ke depan pembelajaran kolaborasi ini akami dikembangkan pada beberapa sekolah lainnya.