Prodi S1 Statistika Unimus Menghasilkan Lulusan Terbaik dan Tercepat

Wisudawan Terbaik diwisuda Rektor

Semarang| Tepuk tangan membahana ketika nama Mifta Luthfin Alfiani, S.Si berhasil meraih gelar Sarjana Sains sebagai lulusan dengan predikat cumlaude (dengan pujian) dan tercepat dengan waktu studi 7 semester.

Lulusan Terbaik Unimus Wisuda 20

Selamat dan sukses kepada saudari Mifta Luthfin Alfiani, S.Si mahasiswi Statistika Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) sebagai wisudawati dengan predikat dengan pujian, selain itu menjadi lulusan terbaik dan tercepat di Universitas Muhammadiyah Semarang dengan masa studi 7 semester pada periode Wisuda ke-20.

Mahasiswi yang akrab dipanggil “pipin” ini turut membanggakan Prodi Statistika Unimus sebagai wisudawati dengan lulusan terbaik dan tercepat.

Universitas Muhammadiyah Semarang (UNIMUS) pada hari Rabu tanggal 28 Mei 2014 mengadakan Wisuda Ke-20 tahun 2014 di Hotel Patrajasa Gedung Rama Shinta Semarang.

Jumlah lulusan Universitas Muhammadiyah Semarang yang diwisuda pada Wisuda ke 20 ini sebanyak 195 orang yang terdiri dari  169 lulusan program sarjana dan  26 lulusan program diploma. Dari jumlah lulusan tersebut, terdapat 7 orang yang meraih predikat cumlaude. Adapun perincian jumlah lulusan pada wisuda ke-20 tahun 2014 ini adalah sebagai berikut :

Jika Indikator utama mutu lulusan perguruan tinggi meliputi indeks prestasi (IP), Masa studi (MS), dan masa tunggu (MT) mendapatkan pekerjaan pertama, maka dapat kami sampaikan bahwa mahasiswa UNIMUS dapat menyelesaikan studi dengan predikat sangat memuaskan (cumlaude) sebanyak 3,55%,  dengan predikat memuaskan sebanyak 96,45%. Sementara itu jumlah lulusan yang menyelesaikan studinya secara tepat waktu sebanyak 84,26%. Performa ini terjadi di semua program studi dan jenjang pendidikan. Performa baik ini relevan dengan 100% program studi yang telah terakreditasi.

Widawan Terbaik Unimus Mendapat Hadiah Utama

Indek Prestasi lulusan secara umum menunjukkan predikat sangat memuaskan, dengan kisaran 2,60 – 3,68 dan rerata 3,14. Persentase IP 3,5 (cumlaude) mencapai 3,55%, sedangkan < 2,75 hanya 0,51%.   Rerata IP lulusan program S1, D4 dan D3 berturut-turut adalah 3.11,   3.46, dan 3.06. Data ini menunjukkan bahwa selama proses pendidikan, mahasiswa dapat menyerap dan menguasai materi pembelajaran, serta dapat mencapai kompetensi dengan baik.

Gambaran masa studi pada lulusan UNIMUS tahun ini menunjukkan performa yang semakin baik. Rerata Masa Studi lulusan dari program S1 adalah 42  bulan dengan kisaran 35 – 56 bulan. Khusus program S1 reguler,  rerata Masa Studi  54  bulan dengan kisaran 40 – 56 bulan. Sebanyak 16.47 % persen lulus dalam waktu kurang dari 4 tahun. Program D III, sebanyak 76 % lulusan dalam waktu 3 tahun, dengan kisaran 36 – 47 bulan dan rerata 37 bulan, Data ini menunjukkan bahwa proses pendidikan dapat berjalan lancar dan efektif seiring dengan perjalanan waktu. Mahasiswa tidak terhambat dalam penyelesaian studi dan lulus tepat waktu.

Diantara sekian banyak wisudawan ada beberapa wisudawan dari masing-masing program Studi yang berprestasi dengan indeks prestasi tinggi sehingga mereka terpilih sebagai wisudawan terbaik.

Adapun lulusan terbaik pada setiap program studi sesuai dengan Keputusan  Rektor nomor  Nomor : 131/UNIMUS/SK.PP/2014  tanggal 12 April 2014  adalah sebagai berikut :

 

Dengan semakin bertambahnya program studi dan tuntutan peraturan perundangan yang berlaku, pengembangan Sumber Daya Insani di UNIMUS mendapat perhatian yang sangat serius. Sampai dengan saat ini Unimus telah memiliki 13 orang dosen yang telah lulus program S3 dengan gelar Doktor,  kemudian dalam waktu dekat akan segera menyusul 7 orang lagi yang menyelesaikan Program Studi S3-nya.  Peningkatan SDM ini,  diharapkan akan membawa Universitas Muhammadiyah Semarang semakin berkibar dan mantap dalam menjalankan tugasnya untuk mencerdaskan putra putri bangsa.