Darul Arqam Dasar (DAD) Perdana IMM MIPA Unimus

FMIPA UNIMUS | IMM MIPA merupakan salah satu dari lima komisariat yang terdapat di UNIMUS, dipimpin oleh Immawati Fathikatul Arnanda. Alhamdulillah pada periode kali ini, IMM MIPA berhasil melaksanakan DAD (Darul Arqom Dasar) perdana(13-15/03) bertempat di Panti Asuhan Muhammadiyah Tlogosari, Kota Semarang, bertepatan dengan milad IMM yang ke- 51 (14/03/2015).

Darul Arqom Dasar (DAD) merupakan pengkaderan tingkat pertama di Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah. Nama Darul Arqam asalnya berarti rumah Arqam, dinisbatkan kepada pemilik Arqam Ibn Abu Arqam yang digunakan oleh Rasulullah SAW sebagai tempat perkaderan Islam di masa-masa pertama. Dari darul Arqam itulah lahir tokoh-tokoh Islam generasi pertama seperti Abu Bakar, Ali Ibn Thalib, Siti Khodijah dan lain-­lain.

Tema DAD perdana IMM MIPA yaitu “Mencetak Kader Militant yang Berintegritas Iman, Ilmu dan Amal Untuk Bangsa”. Harapannya dari DAD yang dilaksanakan IMM MIPA ini akan lahir kader- kader yang memiliki semangat tinggi seperti Abu Bakar, Ali Ibn Thalib, Siti Khodijah dalam menyebarluaskan trilogy IMM yaitu mampu menjadi teladan, bisa mengamalkan ilmunya serta menularkan jiwa sosial kepada masyarakat.

Peserta DAD Perdana 2015 IMM MIPA Unimus

Peserta DAD Perdana 2015 IMM MIPA Unimus

Acara DAD Perdana ini dibuka langsung oleh Dr. H. Djoko Setyo Hartono, SE., MM., SH., M.Kn selaku Wakil Rektor III UNIMUS. Selain itu juga dihadiri oleh Drs. Rochdi Wasono, M.Si selaku Dekan FMIPA, Ketua Pimpinan cabang IMM Kota Semarang, Ketua Pimpinan Komisariat Kedokteran, Pimpinan Komisariat As-Syifa dan tamu undangan lainnya. Jumlah peserta DAD perdana IMM MIPA ini ada 26 orang, dengan rincian kader dari MIPA 22 orang, AS-Syifa 2 orang, dan Hamka UNNES 2 orang.

Terdapat 9 materi yang disampaikan oleh pemateri-pemateri yang kompeten dibidangnya yaitu, Aqidah Islam diisi oleh Ketua LSIK UNIMUS (Rohmat Suprapto, S.Ag., M,Si), Manifestasi Aqidah Islam diisi oleh Kepala Panti Muh Tlogosari (Wartono), Kemuhammadiyahan diisi oleh (Drs. M Nasihin), KeIMMan diisi oleh DPD IMM JATENG (Husen Al Fattah, S.Pd., M.Pd), Kepemimpinan dan keorganisasian (Isa Thorik), Filsafat Ilmu (Badrun Nuri), Literasi diisi oleh Pim. Tabloid Cermin dan Alumni IMM (Setiyo Budi Santoso, S. Farm,. Apt), Analisis Sosial (Ahsin Istighfari, S.Si), dan Managemen Aksi diisi oleh DPP IMM (Sugeng Nugroho, SE). Para pemateri tersebut selalu memberikan semangat dan motivasi kepada kader-kader baru IMM MIPA, agar bisa menjadi kader yang professional, konsisten, gigih, ikhlas, dan berprestasi.

Acara DAD ini ditutup dengan bakti social dan pembagian buku serta alat tulis kepada anak-anak Panti Asuhan Muhammadiyah Tlogosari. Alhamdulillah, semua rangkaian kegiatan berjalan lancar dan khidmat. Mudah-mudahan dari DAD ini lahir kader-kader yang berintegritas iman, ilmu dan amal, yang professional, konsisten, gigih, ikhlas dan berprestasi yang mampu memajukan dan meneruskan perjuangan IMM.

Abadi perjuangan kami | Salam Fastabiqul Khoirot J |  Penulis: Fathikatul Arnanda (Ketua IMM MIPA UNIMUS).